Senin, 18 Agustus 2008

Blog EntryTugas KD 1Jul 23, '08 12:24 AM
for everyone

Jawablah semua pertanyaan di bawah ini, dan isi di dalam multiply kalian !

1. Berikan ulasan pengertian kembali tentang “Pancasila” sesuai pendapat anda dan tokoh-tokoh terkenal !

Pendapat anda tentang Pancasila ? pancasila merupakan suatu pandangan hidup, dasar negara indonesia, pribadi bangsa serta jiwa dan ideologi bangsa indonesia yang membuat pancasila menjadi suatu fungsi kedudukan yang tinggi.

No

Tokoh

Uraian Singkat

1.

Muh. Yamin

Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

2.

Notonagoro

Pancasila pada hakikatnya merupakan dasar falsafah dan Ideologi negara yang diharapkan menjadi pendangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu

2. Pengertian Pancasila menurut Ir. Soekarno adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun temurun sekian abad lamanya terpendem bisu oleh kebudayaan barat. Berikan penjelasn singkatnya yang dimaksud dengan !

a.Isi jiwa bangsa : pancasila bukan hanya jadi falsafah negara tapi memiliki arti luas lagi yaitu falsafah bangsa indonesia

b.Terpendem bisu: maksud dari terpendam bisu ialah jiwa pancasila sebenarnya sudah ada tertanam di dalam hati rakyat bangsa indonesia

  1. Pancasila merupakan hasil kesepakatan bangsa Indonesia berdasarkan justifikasi yuridik, filsafat dan teoritik serta sosiologik dan historik. Beri penjelasan singkat pada kolom di bawah ini !

Justifikasi Yuridik

Filsafat dan Teoritik

Bangsa Indonesia telah secara konsisten untuk selalu berpegang kepada Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana telah diamanatkan adanya rumusan Pancasila ke dalam undang-undang dasar yang telah berlaku di Indonesia dan beberapa Ketetapan MPR Republik Indonesia.


merupakan usaha manusia untuk mencari kebenaran Pancasila dari sudut olah pikir manusia, dari konstruksi nalar manusia secara logik



4. Berikan tanggapan penjelasan, mengapa Pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi nasional, dikatakan sebagai hasil kesepakatan bangsa Indonesia !

sejak berdirinya Negara (Proklamasi) Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945. Dengan demikian, siapapun yang menjadi warga negara Indonesia hendaknya menghargai dan menghormati kesepakatan yang telah dibangun oleh para pendiri negara (founding fathers) tersebut dengan berupaya terus untuk menggali, menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

5. Tuliskan perbedaan dan persamaan mendasar antara pendapat Ir. Soekarno dengan Mr. Muhammad Yamin berkaitan dengan pengertian Pancasila di bawah ini !

Persamaan

Perbedaan

persamaan nya ialah pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa


pancasila menurut Mr. Muh yamin ialah Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

sedangkan menurut Ir. Soekarno ialah Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat.


0 komentar:

ARIEFMJGREENSCHOOL © 2008 Template by:
SkinCorner